Selasa, 17 Januari 2017

Microsoft HoloLens - Mewujudkan Teknologi Hologram Tony Stark Ke Dunia Nyata

   Loopers, kamu tahu kan kalo film-film Hollywood sekarang ini suka banget menampilkan teknologi tingkat tinggi yang sepertinya nggak mungkin banget buat terwujud. Contohnya aja teknologi hologram yang ada di film Iron Man. Apa kamu membayangkan kalo teknologi itu beneran ada di dunia nyata? Wah sepertinya bayangan kamu nggak hanya sekedar bayangan, Loopers. Karena sekarang ini Microsoft sedang mengembangkan teknologi itu. Nggak percaya? Sini Loop ceritakan yaa.

Source: IGN

Proyek HoloLens

Selain bersiap-siap meluncurkan operasi sistem baru yaitu Windows 10, Microsoft juga mengumumkan kalo mereka sedang mengembangkan sebuah proyek masa depan. Proyek ini bernama HoloLens dimana teknologi ini menggabungkan teknologi hologram dengan augmented reality. Nantinya, pengguna akan dapat melihat pemandangan 3D yang dihasilkan oleh teknologi yang memiliki bentuk seperti kacamata ini.

Menggunakan teknologi hologram

Proyek HoloLens ini telah dikembangkan oleh Microsoft selama 7 tahun lho, Loopers. Lama banget ya. Lewat proyek ini, Microsoft ingin memberikan dunia hologram di dalam pandangan matamu. HoloLens sendiri memiliki lensa bening, dilengkapi dengan penangkap suara dan sensor gerak untuk menangkap informasi dari lingkungan sekitar. Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan 4 kamera. HoloLens juga dilengkapi dengan built-in CPU tingkat tinggi dan kartu grafis sendiri lho, jadi kamu nggak perlu lagi buat menyambungkannya dengan komputer atau gadget.
Berbeda dengan hologram yang ada dalam film yang ditampilkan dengan bantuan proyektor, teknologi hologram HoloLens ini hanya bisa dilihat oleh mata kita yang memakai kacamata. Tapi, kalo ada pengguna HoloLens lain yang saling tersambung, tentunya mereka juga bisa melihat tampilan hologram yang sama. Keren ya. Dan yang bikin teknologi ini lebih spesial lagi adalah HoloLens nggak cuma bisa digunakan di dalam ruang tertutup, tapi juga bisa digunakan di ruang terbuka dan memungkinkan kita untuk berinteraksi menggunakan tangan secara langsung. Jadi jangan kaget kalo pada saat pakai kacamata HoloLens, kamu melihat layar yang mengambang-ngambang di udara.

Masih dalam tahap pengembangan

Gimana gimana? Keren banget kan, Loopers. Tapi sayangnya pihak Microsoft masih belum kasih tahu kapan teknologi ini bisa dipasarkan dan dinikmati oleh orang awam karena teknologi ini masih dalam tahap pengembangan. Tapi menurut Microsoft sih, teknologi ini akan hadir setelah Windows 10 tersedia. Peluncuran Windows 10 baru mulai dirilis akhir tahun 2015 ini, Loopers. Jadi sabar aja ya. Kita tunggu informasi dari Microsoft selanjutnya. 

oke gan,thanks udah mampir.......................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar